Jumat, 29 Mei 2015

Hari Penyu Sedunia



Pada Tanggal 21 – 23 Mei 2015 Mapetala dan Komunitas Penyu Bengkulu  melakukan Peringatan Hari Penyu Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 Mei  di TWA Air Hitam. Dengan  dukungan  oleh KP3ALH, BKSDA Mukomuko dan BKSDA Provinsi Bengkulu.
.
Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pembelajaran mengenai teknik monitoring  Penyu yang dipandu oleh KP3ALH (kelompok pemuda pemudi pecinta alam dan lingkungan hidup).  Kemudian peserta langsung diterjunkan dilapangan selama 3 hari untuk melakukan proses monitoring. Dalam proses monitoring, tim yang terdiri dari Komunitas Penyu Bengkulu, Mapetala dan KP3ALH berhasil menemukan 1 sarang Penyu Lekang yang kemudian di Relokasi di tempat penangkarang dengan metode semi alami.

Selain itu agenda kegiatan yang dilakukan adalah melakukan  kampanye untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap Penyu melalui pembuatan film Dokumenter. Diakhiri dengan acara puncak yang  melepasliarkan 138 Tukik (anak) Penyu Lekang di TWA Air Hitam. 

Menurut Ketua Panitia Fitri Wulansari, Kegiatan ini kedepannya akan melibatkan lebih banyak lagi kelompok, oleh karena itu dalam pergerakan kedepannya kami akan melakukan mengajak semua kelompok untuk terlibat, terutama masyarakat Pesisir dan Nelayan. Harapannya melalui kegiatan ini dapat menjadi stimulus untuk bersama sama peduli dan menjaga ekosistem Penyu. (Ayub Saputra)

 Photo bersama di TWA Air Hitam 

 perawatan tempat penangkaran dengan melakukan pengantian pasir 
untuk Inkubasi telur penyu yang direlokasi

baca juga :




 


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com