Rabu, 20 Mei 2015

Ada Apa Dengan 23 MEI ?


Hari itu seorang pemuda diam saja dengan kehidupan rutinitasnya, Begitu juga dengan kalender berjalan begitu saja tanpa pemberitahuan akan hari ini. Di kalender tidak tertulis bahwasanya ada hari yang spesial tetapi tidak banyak yang tahu. Pemuda itu Berusaha mencari tanpa Internet yang serba bisa menjawab. Akan tetapi apalah daya sangat jarang orang yang mengetahui ada apa dengan 23 Mei.
Pemuda itu pergi kearah sesorang yang serba tahu, Sebut saja om Google, menurutnya ada yang menarik ditanggal 23 Mei sesuatu yang menggambarkan betapa sulitnya bertahan hidup dengan keadaan saat ini, sesuatu yang dilupakan oleh orang banyak, sesuatu yang hanya orang cukup ketahui tanpa memperdulikannya, sesuatu yang terancam punah tapi banyak orang yang diam saja, sesuatu yang menceritakan bagaimana luasnya kehidupan yang tanpa batas.
Hari itu adalah Hari Penyu Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 23 Mei, dimana hari itu mulai dirayakan sejak tahun 2000 oleh America Tortoise Rescue (wikipedia). Lantas apa yang mesti dilakukan pemuda itu, cukup tahu dan cukup prihatin kemudian tidak melakukan apapun. Tentu pemuda ini tidak memilih begitu, ada banyak cara untuk merayakan Hari Penyu Sedunia  dan tidak mungkin cukup hanya dilakukan hari itu.
Manusia adalah ancaman yang sangat besar pengaruhnya terhadap keberlangsungan hidup penyu, dengan mengkonsumsi daging dan telurnya, begitu juga dengan ekosistemnya yang semakin tidak nyaman akan bangunan bangunan sepanjang pantai begitupun gemerlap lampu yang tidak penyu sukai, padahal mereka butuh tempat untuk berkembangbiak. Dengan tidak melakukan itu anda sudah cukup berperan untuk menyelamatkan penyu. Apalagi kalau mereka yang mampu mengupayakan segala upaya untuk menyelamatkan penyu dengan mengerakan partisipasi masyarakat, karena ini tidak cukup sendiri, harus semua pihak terlibat dan bergerak, terutama masyarakat pesisir dan Nelayan yang sering berkontak langsung dengan Penyu. Ada banyak cara sederhana untuk kita tetap menjaga Ekosistem Penyu, Silakan pemuda tentukan sendiri, karena hidup punya caranya masing masing. (Ayub Saputra).



0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com