Sabtu, 20 Agustus 2016

Sampai kapan penyu di Enggano dijadikan konsumsi ?

Di pulau Enggano lebih tepatnya Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Disini terdapat potensi keberadaan penyu dengan keadaan alam yang masih alami. Namun potensi ini belum diiringi dengan pemanfaatan  penyu untuk hal yang lebih bermanfaat dan mendukung kemajuan daerah.

Adanya Adat istiadat pulau Enggano yang menjadikan penyu sebagai makanan adat istiadat, menjadi persoalan tersendiri disaat penyu yang semakin terancam punah. Perlu digaris bawahi masyarakat Enggano tidak mengkonsumsi penyu untuk kebutuhan sehari-hari melainkan hanya untuk upaca adat istiadat. Sebaiknya fenomena ini perlu diperhatikan juga mengenai upacara-upacara apa saja yang diperbolehkan untuk menggunakan penyu sebagai makanan, tidak untuk upacara biasa seperti pernikahan dan lain sebagainya. begitu juga dengan jumlah dan jenis penyu yang perlu diatur dalam pelaksanaannya.

Pemanfaatan yang belum diiringi dengan upaya penyelamatan, tentu akan berdampak kedepannya. keberadaan penyu merupakan potensi dan sudah seharusnya dikembangkan  dan dimanfaatkan secara maksimal untuk mendorong kawasan ini terkenal dengan konservasi penyu nya seperti di Bali, perlu diketahui, Bali juga terkenal dengan fenomena mengkonsumsi penyu,  namun lambat laun adanya perubahan sikap untuk memanfaatkan penyu kearah yang lebih bermanfaat, dengan aktifitas masyarakat yang melakukan konservasi penyu kemudian menjadi daya tarik untuk mengunjungi daerah tersebut.

Sampai kapan pulau Enggano hanya memanfaatkan penyu hanya sebatas makanan dalam konteks adat istiadat, perlu adanya perubahan pemikiran  agar pulau Enggano lebih maju dan cermat melihat potensi keberadaan penyu. Adat istiadat mesti berjalan namun disisi lain kita mesti melindungi penyu, Pulau Enggano bisa dijadikan sebagai sentral untuk melihat bagaimana masyarakat adat melakukan upaya konservasi di Indonesia. Namun pertanyaannya besar untuk kita semua terutama pemerintah. Sampai kapan penyu di pulau Enggano dijadikan konsumsi dan sampai kapan potensi ini terbengkalai.


1 komentar:

  1. Anda Binggung Saat Di Rumah Dan Tidak Tau Buat apa
    ayuk bergabung dengan kami Begitu banyak promo yang menarik
    juga dapatkan jackpot jutan sampai puluhab juta menenti anda
    bonus referal dan turn over terbesar di asia

    Bandar Poker Online

    Contacs Us :
    PIN BB : 2B13CFDA
    PHONE : +855011241724
    Yahoo : cs1_sahabatpoker
    Yahoo : cs2_sahabatpoker

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com